Tingkat Penggunaan Faktor Produksi Kakao (Theobroma Cacao L) di Kecamatan Dolo Selatan

  • Risman Risman Universitas Tadulako
  • M. Anwar Nasaruddin Universitas Tadulako
  • Musdayati Musdayati Universitas Tadulako
Keywords: SWOT, kakao, kabupaten sigi

Abstract

Kabupaten Sigi, aktivitas ekonomi komoditi kakao tidak hanya menjadi sumber pendapatan bagi sebagian besar petani di sentra produksinya (dalam aspek mikro) akan tetapi sekaligus sebagai komoditas perdagangan yang diharapkan mampu menjadi sumber devisa yang sangat potensial (dalam aspek makro). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi apa yang harus dilakukan dalam pengembangan komoditas kakao di Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Dalam menganalisis masalah yang diajukan, digunakan analisis SWOT. Alat yang dipakai untuk menyusun faktor strategi sadalah matrik SWOT. Matrik ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman yang dihadapi dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki petani. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : 1) Dari hasil perhitungan berdasarkan analisis general electri model nilai faktor internal 2,62, dan nilai fakktor eksternal 2,13 berada pada kuadran II. Artinya bahwa dalam pengembangan komoditi kakao startegi yang perlu dilakukan adalah startegi menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang. 2) Dalam pengembangan komoditi kakao ada 4 (empat) faktor kelemahan yang perlu mendapat perhatian yaitu produktivitas, pendidikan, modal dan pemeliharaan.serta yang merupakan ancaman yaitu faktor; tengkulak dan keamanan. Kekuatan yang mendukung adalah faktor lahan yang dimiliki, umur kakao, tenaga kerja keluarga serta umur petani. Peluang yang perlu dimanfaatkan adalah iklim, potensi lahan untuk digarap masih cukup luas, potensi tenaga kerja yang dapat digunakan masih tersedia dan adanya lembaga yang mendukung seperti koperasi unit desa  dan balai penyuluhan pertanian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprida, Yopi, Fitria, Happy, & Nurkhalis, Nurkhalis. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164.

Ardiwidjaja, Roby. (2018). Wisata Perdesaan: € Œ Pelestarian Budaya Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa €. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 4(3).

Hakim, Lukman. (2016). Analisis Biaya Transaksi Ekonomi Dan Faktor Determinan Penerapan Kemitraan Usaha Tani Tebu Rakyat Studi Kasus: Mitra Tani PG Pandji, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

Heriawan, Rusman, Las, Irsal, Soedjana, Tjeppy D., & Soeparno, Haryono. (2018). Sinergi Sistem Penelitian dan Inovasi Pertanian Berkelanjutan. IAARD Press.

Irmeilyana, Irmeilyana, Ngudiantoro, Ngudiantoro, & Maiyanti, Sri Indra. (2022). Socialization of sustainable Pagar Alam Coffee Farming using herbicide reductors. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(2), 309–318.

Iwan Hermawan, S. P., Izzaty Izzaty ST, M. E., Budiyanti, Eka, Rafika Sari, S. E., Sudarwati, Yuni, IP, S., Teja, Mohammad, & Sos, S. (2021). Efektivitas Program Bantuan Pangan Nontunai di Kota Yogyakarta. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 12(2), 131–145.

Pribadi, Andi, Laapo, Alimudin, & Asih, Dewi Nur. (2019). Kontribusi Sub Sektor Pertanian Dalam Perekonomian Di Kabupaten Sigi. Agroland: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 26(1), 69–75.

Rismawati M, M. (2019). Peran Program Good Agriculture Practice Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Kakao. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Romarina, Arina. (2016). Economic Resilience Pada Industri Kreatif Gunamenghadapi Globalisasi Dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Ilmu Sosial, 15(1), 35–52.

Rozikin, M. (2012). Analisis pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di Kota Batu. Jurnal Review Politik, 2(2), 219–243.

Sugiyono, Prof. Dr. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta,cv.

Ulfa, Maria, & Mulyadi, Mohammad. (2020). Analisis Dampak Kredit Usaha Rakyat pada Sektor Usaha Mikro terhadap Penanggulangan Kemiskinan di Kota Makassar. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 17–28.
Published
2023-01-13