Hubungan Antara Kualitas Layanan Administrasi Kesiswaan Dengan Kepuasan Peserta Didik di Mi A-Wathoniyah Pusat Putri Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan administrasi kesiswaan dengan kepuasan peserta didik di MI Al-Wathoniyah Pusat Putri Jakarta. Penelitian mengenai hubungan antara kualitas layanan administrasi kesiswaan dengan kepuasan peserta didik dilaksanakan pada lembaga MI Al-Wathoniyah Pusat Putri Jakarta, yang berlokasi Kp. Klender No. 15, RW. 1, Jatinegara, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur. Dalam penelitian ini, jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dengan tidak dimasukkan peserta didik MI Al-Wathoniyah Pusat Putri Jakarta kelas 1,2 dan 3 karena dianggap belum mampu memeberikan penilaian tentang kualitas layanan. Hasil pengujian statistik bahwa Kualitas Layanan Administrasi Kesiswaan (X) berpengaruh positif dan signifikan dengan Kepuasan Peserta Didik (Y) di MI Al-Wathoniyah Pusat Putri Jakarta. hal ini dibuktikan dari tabel T hitung lebih besar dari T tabel (13,381 > 2,007) dan nilai signifikan sebesar 0,000, yang memiliki arti kurang dari 0,005 (0,000 < 0,005), Persamaan regresinya adalah Y = 13,381 + 0,792 X. Dengan kata lain semakin baik kualitas layanan administrasi keiswaan maka semakin baik pula kepuasan peserta didik di MI Al-Wathoniyah Pusat Putri Jakarta.
Downloads
References
Aldiani, I., & Nelisma, Y. (2022). Penguatan Sumber Daya Manusia Melalui Reformasi Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Sumatera Barat. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 100–114.
Anisah, A. S. (2015). Gangguan prilaku pada anak dan implikasinya terhadap perkembangan anak usia sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 5–20.
Anshari, K. (2022). Pengaruh Kualitas Administrasi Tata Usaha Terhadap Layanan Pendidikan Di Madrasah Aliyah Madinatussalam Deli Serdang. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2(2).
Ash-Shiddiqy, T. M. H. (2022). Pokok-pokok ilmu dirayah hadits.
Ayuningtias, R. (2022). Tantangan dan Peluang Pelayanan Administrasi di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas). Universitas Jenderal Soedirman.
Cikka, H. (2020). Konsep-Konsep Esensial Dari Teori Dan Model Perencanaan Dalam Pembangunan Pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2).
Fajrin, M. F., & Arsyam, M. (2021). Administrasi Kesiswaan Dalam Pendidikan.
Hermawan, A. (2019). Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Administrasi Kesiswaan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(2).
Hidayat, Y. S., Nurdin, M., & Ratih, S. (2014). Penggunaan Trichoderma sp. sebagai agensia pengendalian terhadap Pyricularia oryzae Cav. penyebab blas pada padi. Jurnal Agrotek Tropika, 2(3), 414–419.
Ichsan, F. N., & Hadiyanto, H. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 541–551.
Khalik, A., & Musyaffa, A. A. (2021). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. Oman Publishing.
Kusumawardhani, D. A., & Burhanuddin, B. (2020). Analisis Kepuasan Peserta Didik Terhadap Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 90–101.
Nia, I. (2019). Strategi Knowledge Sharing Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Madrasah Diniyah Annafi’iyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 23–32.
Pandi, A. (2022a). Efektivitas Pelayanan Tenaga Administrasi di SMA. Abdussalam Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(8), 1541–1556.
Pandi, A. (2022b). Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MTs Hidayatul Muhisinin. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 28–40.
Priestnall, S. L., Okumbe, N., Orengo, L., Okoth, R., Gupta, S., Gupta, N. N., Gupta, N. N., Hidrobo, M., Kumar, N., Palermo, T., Peterman, A., Roy, S., Konig, M. F., Powell, M., Staedtke, V., Bai, R. Y., Thomas, D. L., Fischer, N., Huq, S., … Chatterjee, R. (2020). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Endocrine, 9(May), 6.
Purnamawati, E. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada GraPari TelkomSel Samarinda. Journal Ilmu Administrasi Bisnis, 2014 2 (4): 571-585 Universitas Mulawarman.
Saragih, D. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kesiswaan Terhadap Kepuasan Siswa SMP Negeri 2 Pandan Nauli. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 2(3).
Sriwahyuni, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Proses Pembelajaran Berkualitas Melalui Supervisi Akademik Dengan Teknik Kunjungan Kelas pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).
Suarlin, S., & Ali, M. I. (2018). Membangun Jiwa Kewirausahaan. Global Research and Consulting Institute (Global-RCI).
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14.
Syarif, E., Sumarmi, S., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Integrasi nilai budaya etnis Bugis Makassar dalam proses pembelajaran sebagai salah satu strategi menghadapi era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 13–21.
Wicaksono, A. K. (2021). Strategi Marketing Mix dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru pada Lembaga Pendidikan Islam Swasta. Attractive: Innovative Education Journal, 3(2), 152–163.
Windriati, F. (2018). Analisis Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Layanan Pendidikan di MTS N 2 Semarang. Jurnal. Http://Eprints. Walisongo. Ac. Id.(Diakses 5 Maret 2020).
Zakhiroh, R. (2017). Pengaruh kinerja tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan administrasi non akademik. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 19(2), 59–70.
Copyright (c) 2022 Wira puspita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.