Penyebab Rendahnya Penggunaan Transaksi Non Tunai di Kota Timika

  • Stepanus Sandy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan Timika, Indonesia
  • Aryati Arfah Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Muslim Indonesia Makasar
  • Baharuddin Semmaila Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Muslim Indonesia Makasar
  • Baso Amang Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Muslim Indonesia Makasar
  • Arifin Arifin Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Muslim Indonesia Makasar
Keywords: Transaksi Tunai, Transaksi Non Tunai, Transaksi.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisi penyebab rendahnya penggunaan transasksi non tunai di Kota Timika. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk melihat hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi kemudahan, presepsi kemanfaatan dan presepsi kepercayaan terhadap rendahnya keputusan masyarakat menggunakan transaksi non tunai di Kota Timika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Siti Nurdhifa Birizqin. (2020). Implementasi Technologhy Acceptance Model dalam Mengevaluasi Perilaku Konsumen Pengguna Aplikasi LinkAja Syariah pada Bank BNI Syariah. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Amalia, Siti Nur Annisa. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Individu Terhadap Financial Technology (Fintech) Syariah (Paytren) Sebagai Salah Satu Alat Transaksi Pembayaran (PendekatanTechnology Acceptance Model (TAM) dan Theory Of Planned Behavior (TPB). Iqtishaduna, 9(1), 64–79.

Amin, Muhammad, Muta’ali, Abdul, & Nafis, M. Cholil. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat calon jemaah haji DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk menggunakan layanan transaksi nontunai.

Badarudin, Ade Nanda Rahmat. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa di Yogyakarta dalam Menggunakan Uang Elektronik (E-Money). STIE YKPN.

Khakim, Abdul. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Dan Kelompok Referensi Terhadap Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (Apmk)(Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Grobogan). IAIN SALATIGA.

Khoiriah, Zulfa, & Nasution, M. Irwan Padli. (2023). Perkembangan Perbankkan Syariah di era Ekonomi Digital. Economic Reviews Journal, 2(2), 172–180.

Lintangsari, Nastiti Ninda, Hidayati, Nisaulfathona, Purnamasari, Yeni, Carolina, Hilda, & Ramadhan, Wiangga Febranto. (2018). Analisis pengaruh instrumen pembayaran non-tunai terhadap stabilitas sistem keuangan di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(1), 47–62.

Mukti, Muhammad Sugih. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa terhadap penggunaan uang elektronik (studi pada mahasiswa Jurusan Tadris IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Novendra, Bayu, & Aulianisa, Sarah Safira. (2020). Konsep Dan Perbandingan Buy Now, Pay Later Dengan Kredit Perbankan Di Indonesia: Sebuah Keniscayaan Di Era Digital Dan Teknologi. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 9(2), 183.

Nursari, Ayu. (2019). Pengaruh Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Yang Diminta Masyarakat (M1) Dan Perekonomian. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(3), 285–306.

Rahmi, Shintia Zulia. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Instrumen Pembayaran Non Tunai Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2009-2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Rif’ah, Sifwatir. (2019). Fenomena Cashless Society Di Era Milenial Dalam Perspektif Islam. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 2(1), 1–14.

Sapitri, Meli. (2021). Hubungan pembayaran nontunai dengan tingkat korupsi di Indonesia. IAIN Padangsidimpuan.

Setiani, Rahayu. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai (Studi di Kota Purbalingga).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta, Bandung.

Winarto, Wahid Wachyu Adi. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(1), 61–73. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.132
Published
2022-12-20