Analisis Pengaruh Promosi, Persepsi Manfaat dan Gaya Hidup Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Linkaja

  • Yugi Setyarko Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur
  • Agus Sriyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur
Keywords: promosi, persepsi manfaat, gaya hidup, kepentingan penggunaan, dompet elektronik, linkaja

Abstract

Salah satu fenomena yang terjadi di Indonesia pada era ekonomi digital ini adalah masyarakat Indonesia yang mulai menerapkan sistem pembayaran menggunakan dompet digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, manfaat yang dirasakan dan gaya hidup terhadap minat menggunakan e-wallet LinkAja di Tangerang Selatan periode Maret-Juni 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan accidental sampling. metode. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap minat pakai, sedangkan persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap minat pakai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W. &. Jogiyanto. (2019). Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian Empiris. Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada. Google Scholar

Dalam Sugiyono, Suriasumantri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Google Scholar

Fandy, Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran Edisi-4, Yogyakarta: Cv. Andi Offset. Google Scholar

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desrtasi Ilmu Manajemen. Google Scholar

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96. Google Scholar

Hary Wibowo, Suparto. (2008). Analisis Manajemen Mutu MBTS yang terkait dengan Mutu Penerapan Kegiatan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Puskesmas Di Kabupaten Brebes. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro. Google Scholar

Indonesia, Bank. (2011). Sistem Pembayaran di Indonesia. Online).(Http://Www. Bi. Go. Id/Id/Sistem-Pembayaran/Di-Indonesia/Contents/Default. Aspx, Diakses Tanggal 20 Juni 2018). Google Scholar

Kotler, Keller, & Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management, 14th, Person Education. Philip Kotler DanKevin LaneKeller. Google Scholar

Kotler, Philip. (1999). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, buku satu. Google Scholar

Kotler, Philip, & Amstrong, Gary. (2005). Principle of Marketing. New Jersey. Printice-Hall. Inc. Google Scholar

Kotler, Philip, & Keller, Kevin. (2021). Marketing Management (15th global edition). Pearson Education Limited. Google Scholar

Kuganathan, K. V, & Wikramanayake, Gihan N. (2014). Next generation smart transaction touch points. 2014 14th International Conference on Advances in ICT for Emerging Regions (ICTer), 96–102. IEEE. Google Scholar

Lemeshow, Stanley, Hosmer, David W., Klar, Janelle, & Lwanga, Stephen K. (1997). Besar sampel dalam penelitian kesehatan. Yogyakarta: Gajah Mada University. Google Scholar



Luthfianto, Dawud, & Suprihhadi, Heru. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian cafe jalan Korea. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(2). Google Scholar

Masyhuri, Nur Asnawi. (2009). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN Malang Press. Google Scholar

Peter, J. Paul, & Olson, Jerry C. (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Salemba Empat. Google Scholar

Priyatno, Duwi. (2014). SPSS 22 Pengolah data terpraktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Solomon, Michael R. (2002). Customer behavior: Buying, having, and being. New Jersey: Pearson Education Inc., Upper Saddle River, Prentice-Hall, Inc. Google Scholar

Sugiyono, Drs. (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.
Tjiptono, Fandy, & Diana, Anastasia. (2001). Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE. Google Scholar
Published
2023-01-20