Analisis Pelayanan Jasa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) XYZ Dengan Metode Service Quality (SERVQUAL)
Abstract
Sudah menjadi hal yang umum jika air adalah unsur terpenting dalam kehidupan. PDAM XYZ adalah perusahaan air yang telah beroprasi melayani masyarakat sejak 1913. Dalam perjalanan pemenuhan air dan suplay nya PDAM mengalami kendala-kendala di factor kualitas pelayanan. Pada penelitian ini terdapat 12 faktor/atribut yang menjadi fokus utama untuk di teliti. Sopan santun dan keramahan petugas, selalu menjaga kerapian dan penampilan, kebersihan loket, ketepatan waktu pengerjaan, kecepatan petugas dalam merespon permintaan konsumen, kemampuan petugas dalam menyelesaikan permasalahan, menjamin harga sesuai dengan pelayanan yang dihasilkan, hasil perhitungan harga pada meteran air yang akurat, kualitas air, petugas memiliki keahlian dan keterampilan dalam melaksanakan tugasnya, kemampuan petugas dalam berkomunikasi, dan perhatian petugas dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah seluruh atribut pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality (Servqual) dengan melakukan penyebaran angket pada setiap konsumen yang datang langsung di kantor PDAM XYZ dengan kurun waktu periode 1-30 September 2022 pukul 07.30-15.30 WIB. Servqual secara mendasar dipergunakan selaku sarana diagnosa maupun teknik ketika mendapatkan kelemahan maupun kekuatan perusahaan beserta melakukan evaluasi kinerja melalui atribut layanan. Penelitian ini memiliki tujuan mengeksplorasi apa saja yang diinginkan konsumen dalam layanan PDAM XYZ serta meningkatkan kinerja dan kualitas layanan di PDAM XYZ. Dari hasil pengolahan mengenai kesenjangan kualitas pelayanan, terlihat bahwa kondisi PDAM XYZ belum sesuai harapan konsumen. Dimana masih terlihat nilai negatif dari atribut layanan. Sedangkan dimensi kualitas pelayanan yang palinglah memberikan pengaruh pada kepuasan konsumen ialah dimensi Jaminan (Assurance)tingkat kesenjangan -0.32941 dengan atribut “Hasil perhitungan harga yang akuratâ€.
Downloads
References
Bakti, I. Gede Mahatma Yuda, & Sumaedi, Sik. (2015). P-TRANSQUAL: a service quality model of public land transport services. International Journal of Quality & Reliability Management. Google Scholar.
Hasby, Rusdy, Irawanto, Dodi Wirawan, & Hussein, Ananda Sabil. (2018). The effect of service quality and brand image on loyalty with perception of value as a mediation variable. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(4), 705–713. Google Scholar.
Juliana, Juliana, Djakasaputra, Arifin, Sianipar, Rosianna, Sitorus, Nova Bernedeta, Maleachi, Sandra, & Prabowo, Gunawan. (2022). What Drives Intention to Stay Longer? Evidence Hotel Customer Indonesia. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 6(2), 1–14. Google Scholar.
Khafid, Muhammad, & Widianto, Andri. (2017). Peningkatan kualitas pelayanan peserta BPJS ketenagakerjaan dengan metode fuzzy-servqual dan index pgcv (studi kasus BPJS ketenagakerjaan cabang perintis Brebes). Monex: Journal of Accounting Research, 6(1). Google Scholar.
Kuswanto, Budi. (2018). Penerapan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Layanan. Matrik: Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 17(2), 7–20. Google Scholar.
Kuswanto, Budi. (2016). Penerapan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Layanan (Studi Kasus Di Bengkel Mobil Pt. Arina Parama Jaya). Universitas Muhammadiyah Gresik. Google Scholar.
Limakrisna, Nandan, & Ali, Hapzi. (2016). Model of customer satisfaction: Empirical study at fast food restaurants in bandung. International Journal of Business and Commerce, 5(6), 132–146. Google Scholar.
Matondang, Zulkifli. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97. Google Scholar.
Prandita, Luli, & Iriani, Sri Setyo. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan SOGO Departemen Store. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 19–31. Google Scholar.
Quddus, Fakhri Syahir Abdul, & Hudrasyah, Herry. (2014). The influence of service quality dimensions on customer satisfaction and customer loyalty in PT JNE North Bandung Area. Journal of Business and Management, 3(5), 546–556. Google Scholar.
Subagja, Iwan Kurniawan, & Putri, Annes Ayunda. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Rahman Wisata Mandiri Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(2). Google Scholar.
Wahab, Norazlina Abd, Zainol, Zairy, & Bakar, Mahyuddin Abu. (2017). Towards developing service quality index for zakat institutions. Journal of Islamic Accounting and Business Research. Google Scholar.
Zeithaml, Valarie A., Parasuraman, Ananthanarayanan, Berry, Leonard L., & Berry, Leonard L. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. Simon and Schuster. Google Scholar.
Copyright (c) 2022 Fahrezi Hanani, Efta Dhartikasari, Moh. Jufriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.