Politik Revitalisasi Pasar Johar Semarang

  • Jihan Marsya Azahra Azahra Pascasarjana Ilmu Politik, Universitas Indonesia
  • Sri Budi Eko Wardani Jihan Marsya Azahra, Sri Budi Eko Wardani
Keywords: Revitalisasi, Pasar, Kebijakan Publik, Pedagang

Abstract

Kebijakan publik merupakan salah satu serangkaian tujuan yang ingin dicapai oleh pemerintah untuk kepentingan publik guna mencapai kesejahteraan. Salah satu kebijakan yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan dan pembangunan adalah kebijakan pembangunan kota atau tata ruang kota. Akan tetapi sering kali pembangunan perkotaan sering menimbulkan konflik. Pemicu konflik yang terjadi karena minimnya pelibatan masyarakat secara langsung dalam proses kebijakan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif karena peneliti ingin mengeksplorasi lebih dalam terkait politik kebijakan Pasar Johar yang menimbulkan sikap pro kontra ditengah masyarakat. Peneliti akan menerapkan strategi penelitian studi kasus dalam penelitian revitalisasi Pasar Johar. Pembangunan Kota Semarang melalui revitalisasi Pasar Johar Semarang yang diharapkan dapat mencapai kepentingan ekonomi pemerintah justru tidak sesuai harapan. Sejak awal konsep pembangunan tersebut sudah meminggirkan para pedagang. Namun pemerintah sendiri membutuhkan para pedagang untuk bisa berjualan.

Dan pada kasus revitalisasi Pasar Johar telah membuktikan bahwa rehabilitasi yang dilakukan tidak efektif karena kerjasama yang dijalin oleh pemerintah dengan pedagang tidak kooperatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Viska Ramardani. (2016). Perancangan Permukiman Pemulung Dengan Pendekatan Fleksibilitas Di Kawasan Muharto Das Brantas, Malang. Surabaya.

Astuti, Indah. (2010). Relasi Gender Pada Keluarga Perempuan Pedagang Di Pasar Klewer Kota Surakarta.

Azikin, Andi. (2018). Konsep Dan Implementasi Ideologi Pancasila Dalam Perumusan Kebijakan Pemerintahan. Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 77–90.

Djadjuli, Didi. (2018). Peran Pemerintah Dalam Pembangunan Ekonomi Daerah. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(2), 8–21.

Huruta, Hur, Dolfriandra, Andrian, & Huruta, Andrian Dolfriandra. (N.D.). Desain Cover: Jack K. Djara.

Nomor, Peraturan Daerah Kota Semarang. (9ad). Tahun 2013 Tentang Pengaturan Pasar Tradisional.

Putri, Rizqy Amelia. (2017). Desain Interior Galeri Merah Putih Sebagai Upaya Optimalisasi Bangunan Cagar Budaya Dengan Konsep Entertain Edukatif Bernuansa Kolonial. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Rachman, Nurdizal M., Efendi, Asep, & Wicaksana, Emir. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan Csr. Penebar Swadaya Grup.

Ridlo, Mohammad Agung. (2016). Mengupas Problema Kota Semarang Metropolitan. Deepublish.

Rifai, Ahmad. (1919). Kebijakan Relokasi Pasar Klithikan Studi Tentang Implementasi Kebijakan Relokasi Pasar Klithikan Yang Dilakukan Oleh Pemerintah Kota Yogyakarta Pada Tahun 20070. Politik Dan Pemerintahan Dh. Ilmu Pemerintahan.
Romiza, Ahya Aufa, & Eko Setijadi, S. T. (N.D.). Desain Antena Dual Band Untuk Kebutuhan Massive Mimo.

Setiobudi, Eko. (2017). Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi Pada Pt.

Tridharma Kencana. Jabe (Journal Of Applied Business And Economic), 3(3), 170–182.

Timbuleng, Alexandra J. (2020). Tindak Pidana Di Bidang Perizinan Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. Lex Crimen, 9(2).

Wijaya, Hengki. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wulandari, Mustyka. (2021). Strategi Kerjasama Pemerintah Kota Makassar Dengan International Enterprise Singapore Dalam Upaya Pembangunan Kota Makassar Menuju Smart City Tahun 2016-2020. Universitas Bosowa.

Yusanto, Yoki. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal Of Scientific Communication (Jsc), 1(1).
Published
2023-01-31