Alasan Masyarakat Kota Timika Memilih Kartu Kredit Bank Mandiri

  • Tharsisius Pabendon Program Doktor Ilmu manajemen Universitas Muslim Indonesia Makasar
  • Aryati Arfah Program Doktor Ilmu manajemen Universitas Muslim Indonesia Makasar
  • Baharuddin Semmaila Program Doktor Ilmu manajemen Universitas Muslim Indonesia Makasar
  • Baso Amang Program Doktor Ilmu manajemen Universitas Muslim Indonesia Makasar
  • Arifin Arifin Program Doktor Ilmu manajemen Universitas Muslim Indonesia Makasar
Keywords: Alasan Masyarakat, Kartu Kredit, Bank Mandiri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis alasan masyarakat Kota Timika menggunakan kartu kredit Bank Mandiri. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode asosiatif. Teknik pengumpulan data yang adalah teknik kuesioner. Data yang digunakan adalah data kuantitatif yang berasal dari sumber primer. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 responden. Data yang telah dikumpulkan di analisis mengunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pengalaman terhadap keputusan menggunakan kartu kredit Bank Mandiri. Sedangkan variabel produk, promosi dan proses tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan kartu kredit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti, H. W. (2018). Model Inovasi Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 83–104.

Apsari, P. I., Setiyowati, A., & Huda, F. (2022). Implementation Of Synergy Of Zis Fund Management In Sharia Banking And Zakat Management Organizations (Opz) For Strengthening The Zakat Ecosystem. Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 6(1), 1–16.

Faisal, M. (2015). Metode Anuitas Dan Proporsional Murabahah Sebagai Bentuk Transparansi Dan Publikasi Laporan Bank. Mimbar Hukum - Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 26(3), 382. https://doi.org/10.22146/jmh.16032

Imtihan, I., & Anisak, P. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Kartu Kredit. Jurnal Ecogen, 4(2), 240–250.

Irsyad, M. (2020). Penerapan Model Almuqassah Sebagai Model Alternatif Kartu Kredit Syariah di Indonesia. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 2(3), 153–168.

Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Dana Pihak Ketiga Terhadap Kredit Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 18(31).

Marlina, A., & Hartati, Y. (2019). Prosedur Pembiayaan Cicil Emas di Bank Syariah Mandiri Kcp Sudirman Bogor. Moneter: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 7(1), 1–7.

Novendra, B., & Aulianisa, S. S. (2020). Konsep dan Perbandingan Buy Now, Pay Later Dengan Kredit Perbankan di Indonesia: Sebuah Keniscayaan di Era Digital dan Teknologi. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 9(2), 183.

Polisoa, M. U., Andayani, S., & Maduwinarti, A. (2015). Analisis Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, dan Kebutuhan terhadap Keputusan Menggunakan Kartu Kredit Bca di Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1(1).

Santosa, A., & Putri, R. E. (2017). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Tingkat Komplain Pengguna Kartu Kredit di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 5(2), 191–200.

Simatupang, H. B. (2019). Peranan perbankan dalam meningkatkan perekonomian indonesia. JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma), 6(2), 136–146.

Sudarmawanti, E., & Pramono, J. (2017). Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM dan LDR Terhadap ROA (Studi kasus pada Bank Perkreditan Rakyat di Salatiga yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2011-2015). Among Makarti, 10(1).

Suryawan, I. N. (2017). “Tak Cukup Bagi Kami untuk Meratap, Kami harus Berjuang”: Kemandirian Mama-Mama dalam Dinamika Pemekaran Daerah di Tanah Papua. Umbara, 1(2).

Widiarty, W. S. (2016). Pembaharuan Hukum Pidana terhadap Penyalahgunaan Kartu Kredit di Indonesia. To-Ra, 2(2), 315–324.

Wowiling, Y. G. G., Tumbuan, A. L., & Wenas, R. S. (2017). Analisis Segmentation, Targeting dan Positioning Kartu Kredit (Studi Pada Pengguna Kartu Kredit Bri-Touch PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) Kantor Wilayah Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3).
Published
2022-12-20