Analisis Modal Intelektual, Customer Relationship dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Guna Meningkatkan Kinerja Perusahaan pada Usaha Jasa Fotografi

  • Dias Gilang Persada Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Jawa Tengah, Indonesia
  • Amie Kusumawardhani Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengambil objek pada Bisnis fotografi di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modal intelektual, hubungan pelanggan dan inovasi produk terhadap kinerja dengan keunggulan bersaing sebagai pemediasi. Responden pada penelitin ini yaitu 50 usaha fotografi di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan program computer SMART PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan bersaing memiliki pengaruh yang tidak signifikan sebagai pemediasi antara modal intelektual terhadap kinerja. Namun keunggulan bersaing menunjukkan pengaruh signifikan sebagai pemediasi antara hubungan pelanggan dan inovasi produk terhadap kinerja. Penelitian ini juga menganalisis bagaimana pengaruh hubungan antara variable laten yang diteliti. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keunggulan bersaing tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis, modal intelektual berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis, hubungan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 19, 2021
How to Cite
PERSADA, Dias Gilang; KUSUMAWARDHANI, Amie. Analisis Modal Intelektual, Customer Relationship dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Guna Meningkatkan Kinerja Perusahaan pada Usaha Jasa Fotografi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 6, p. 2736-2747, june 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3131>. Date accessed: 04 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3131.