Tunjangan Sertifikasi dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Mengajar Guru Di SMKN 1 Cirebon
Abstract
Sekolah merupakan institusi sangat kompleks. Kompleksitas tersebut, bukan saja dari masukannya yang bervariasi, melainkan dari proses pembelajaran yang diselenggarakan di dalamnya. Sebagai institusi yang kompleks, sekolah tidak akan menjadi baik dengan sendirinya, melainkan dengan proses peningkatan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tunjangan sertifikasi dan motivasi mengajar guru terhadap kinerja mengajar guru di SMKN 1 Kedawung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tunjangan sertifikasi memberi kontribusi positif terhadap kinerja mengajar Guru SMKN 1 Cirebon sebesar 19,5%. Motivasi mengajar guru memberi kontribusi positif terhadap kinerja mengajar Guru SMKN 1 Cirebon sebesar 35,4%. Tunjangan sertifikasi memberi kontribusi positif terhadap motivasi mengajar guru SMKN 1 Cirebon sebesar 12,9%. Tunjangan sertifikasi dan motivasi mengajar secara bersama memberi kontribusi positif terhadap kinerja mengajar Guru SMKN 1 Cirebon sebesar 41,4%.
Downloads
References
Hasibuan, Abdul Aziz, Syah, Darwyan, & Marzuki, Marzuki. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191–212. Google Scholar
Hasibuan, Yusuf Firdaus. (2009). Pengaruh Pendidikan Dan Latihan Kaligrafi Lembaga Kaligrafi Al-Quran (Lemka) Terhadap Kemampuan Menulis Ayat-Ayat Al-Quran: Studi Kasus Di Pesantren Lemka Sukabumi. UIN jakarta, Repository, 1-157. Google Scholar
Ho, Li An, & Kuo, Tsung Hsien. (2009). Alternative Organisational Learning Therapy: An Empirical Case Study Using Behaviour And U Theory. The Australian Educational Researcher, 36(3), 105–124. Google Scholar
Interaksi, Sardiman. (2016). Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Google Scholar
Irnawati, Irmawati. (2019). Penerapan Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Smp Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2018-2019. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 4(2), 134–146. Google Scholar
Kuswaroh, Siti, & Setyowati, Rr Nanik. (2013). Strategi Pengembangan Kepribadian Siswa Di Sman Olahraga Jawa Timur. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 412–426. Google Scholar
Mariah, Siti, & Sa’ud, Udin Syaefudin. (2013). Pengaruh Motivasi Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Akademik. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1). Google Scholar
Mulyasa, Enco, & Profesional, Menjadi Guru. (2005). Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rodaskarya. Google Scholar
Nasution, Ernawati. (2014). Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Fakultas Dakwah Iain Ar-Raniry. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(1). Google Scholar
Pandji, Anoraga, & Sri, Suvati. (2010). Psikologi Industri Dan Sosial. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya. Google Scholar
Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso. (2018). Peranan Perilaku Organisasi Dan Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(1), 80–101. Google Scholar
Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta. Google Scholar
Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. Google Scholar
Sahertian, Olivia Laura. (2012). Pengaruh Budaya Korporat Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Ambon. Jurnal Ilmiah Aset, 14(1), 31–39. Google Scholar
Sholikhah, Amirotun. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. Google Scholar
Sinungan, Muchdarsyah. (2018). Produktivitas Apa Dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara. Google Scholar
Sudarsana, I. Ketut. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14. Google Scholar