Tunjangan Sertifikasi dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Mengajar Guru Di SMKN 1 Cirebon

  • Mahfud Mahfud Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Invada Cirebon, Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Sekolah merupakan institusi sangat  kompleks. Kompleksitas tersebut, bukan saja dari masukannya yang bervariasi, melainkan dari proses pembelajaran yang diselenggarakan di dalamnya. Sebagai institusi yang kompleks, sekolah tidak akan menjadi baik dengan sendirinya, melainkan dengan proses peningkatan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tunjangan sertifikasi dan motivasi mengajar guru terhadap kinerja mengajar guru di SMKN 1 Kedawung.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tunjangan sertifikasi memberi kontribusi positif terhadap kinerja mengajar Guru SMKN 1 Cirebon sebesar 19,5%. Motivasi mengajar guru memberi kontribusi positif terhadap kinerja mengajar Guru SMKN 1 Cirebon sebesar 35,4%. Tunjangan sertifikasi memberi kontribusi positif  terhadap motivasi mengajar guru SMKN 1 Cirebon sebesar 12,9%. Tunjangan sertifikasi dan motivasi mengajar secara bersama memberi kontribusi positif terhadap kinerja mengajar Guru SMKN 1 Cirebon sebesar 41,4%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 20, 2021
How to Cite
MAHFUD, Mahfud. Tunjangan Sertifikasi dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Mengajar Guru Di SMKN 1 Cirebon. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 6, p. 2871-2885, june 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3159>. Date accessed: 04 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3159.