Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa

  • Mela Rahmayani Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
  • Muhamad Ramdhani Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
  • Fardiah Oktariani Lubis Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Media sosial merupakan media komunikasi berbasis internet dimana para penggunanya dapat terus berinteraksi tanpa ada batas ruang dan waktu yang menjadi penghambat interaksi manusia pada zaman dulu. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa (Studi Analisis Regresi Terhadap Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang, Angkatan 2018-2019). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunan aplikasi TikTok terhadap perilaku kecanduan Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang, angkatan 2018 dan 2019. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan analisis regresi linear berganda. Teori yang digunakan adalah teori determinasi teknologi dari McLuhan yang mengasumsikan bahwa setiap teknologi yang diciptakan, maka akan menciptakan pola-pola didalam manusia. Baik pola komunikasi dan perilaku runtunan berpikir, semua pola itu dapat diubah dengan kehadirannya teknologi baru. Hasil yang diperoleh adalah peneliti menemukan bahwa intensitas, dan daya tarik berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kecanduan mahasiswa, sedangkan isi konten pada penggunaan Aplikasi TikTok tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecanduan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 19, 2021
How to Cite
RAHMAYANI, Mela; RAMDHANI, Muhamad; LUBIS, Fardiah Oktariani. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 7, p. 3327-3343, july 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3563>. Date accessed: 04 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3563.