Pengaruh Program Kurassaki Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa pada Sekolah Pilot Project Bappeda Kabupaten Tangerang

  • Yuni Susilowati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yatsi Tangerang, Indonesia
  • Abdul Santoso Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yatsi Tangerang, Indonesia
Keywords: Sampah, PHBS, Kurassaki, sekolah

Abstract

Pengamatan pada beberapa lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat di Kabupaten Tangerang dimana permasalahan tentang sampah belum menemukan solusi yang tepat. Lingkungan sekolah menjadi salah satu agen penghasil sampah yang besar setiap hari. Perilaku masyarakat maupun warga sekolah terhadap sampah manjadi salah satu faktor terciptnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Angka kejadian penyakit yang disebabkan oleh PHBS masih tinggi. Penyakit yang paling banyak diderita terjadi karena kurangnya pemahaman PHBS terutama yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan, hal ini terjadi karena PHBS di Indonesia baru mencapai presentase 56,58%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh program Kurassaki (Kurangi Sampah Sekolah Kita) terhadap PHBS siswa pada Sekolah Pilot Project Bappeda Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-eksperimen. teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 175 responden pada kelompok eksperimen dan 183 responden pada kelompok control. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Berdasarkan uji Mann-Whitney didapatkan hasil p-value 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “H1 diterima†yang berarti ada Pengaruh program kurassaki terhadap PHBS siswa pada sekolah Pilot Project Bappeda Kabupaten Tangerang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan program Kurassaki di sekolah membawa pengaruh positif bagi PHBS siswa dan membuat siswa lebih peduli terhadap lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. (2015). Riset Kesehatan Dasar, RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Proverawati, Atikah dan Rahmawati, Eni. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Nuha Medika.

Shinta, Arundati. (2019). Penguatan pendidikan pro-lingkungan hidup di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kepedulian generasi muda pada lingkungan hidup. Yogyakarta: BEST Media.
Published
2021-08-18