Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Kapuk Muara 03, Jakarta Utara

  • Lucyana Tri Indriani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Mubarak Ahmad Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia

Abstract

Pola asuh itu sendiri sangat berpengaruh bagi perkembangan serta perilaku dan karakteristik anak. Pola asuh menjadi cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak sebagai suatu perwujudan rasa tanggung jawabnya kepada sang anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Kapuk Muara 03, Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan melibatkan siswa kelas IV G SDN Kapuk Muara 03, Jakarta Utara dengan jumlah siswa sebanyak 31 sebagai populasi dan sampel dari penelitian ini. Analisis data yang digunakan memakai uji linearitas, regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji F simultan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa, hal tersebut dilihat pada uji F hitung sebesar, 1791,4 > 4,17 dengan persentase sebesar 98% yang didominasi oleh pola asuh authoritative.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 18, 2021
How to Cite
INDRIANI, Lucyana Tri; AHMAD, Mubarak. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Kapuk Muara 03, Jakarta Utara. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 3904-3913, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3765>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3765.