Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Kapuk Muara 03, Jakarta Utara

  • Lucyana Tri Indriani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Mubarak Ahmad Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia
Keywords: pola asuh, minat belajar, minat siswa

Abstract

Pola asuh itu sendiri sangat berpengaruh bagi perkembangan serta perilaku dan karakteristik anak. Pola asuh menjadi cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak sebagai suatu perwujudan rasa tanggung jawabnya kepada sang anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Kapuk Muara 03, Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan melibatkan siswa kelas IV G SDN Kapuk Muara 03, Jakarta Utara dengan jumlah siswa sebanyak 31 sebagai populasi dan sampel dari penelitian ini. Analisis data yang digunakan memakai uji linearitas, regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji F simultan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa, hal tersebut dilihat pada uji F hitung sebesar, 1791,4 > 4,17 dengan persentase sebesar 98% yang didominasi oleh pola asuh authoritative.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Diponegoro Journal Of Accounting, 1(2), 1–10. Google Scholar

Gie, Teh Liang. (2002). Cara Belajar Efisien I. Yogyakarta: PUBIB. Google Scholar

Ista, Akram. (2017). Metode Bimbingan dan Penyuluhan dalam Pendampingan Anak yang Bermasalah di Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Klas I Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Google Scholar

Khairunnisa, Arin, & Kurniatin, Nia. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Belajar Remaja Pada Kejar Paket B Di PKBM Mutiara Bangsa Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). Google Scholar

Komara, Endang. (2014). Belajar dan pembelajaran interaktif. Bandung: Refika Aditama. Google Scholar

Kusumawardani, Cindy Tri, & Fauziah, Puji Yanti. (2020). Pola Asuh Orangtua Tentara Nasional Indonesia pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 10241034. Google Scholar

Musman, Asti. (2020). Seni Mendidik Anak di Era 4.0: Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Mendidik Anak di Era Milenial; Mewujudkan Anak Cerdas, Mandiri, dan Bermental Kuat. Anak Hebat Indonesia. Google Scholar

Nurhasanah, Siti, & Sobandi, Ahmad. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128–135. Google Scholar

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara. Google Scholar

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: CV. Alfabeta. Google Scholar

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Google Scholar

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Google Scholar

Utama, Pustaka. (2013). Ahmadi, A. 2009. Psikologi Umum Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Azwar, S. 2006. Reliabilitas d. International Journal, 1(1), 49–57. Google Scholar

Wibowo, Agung Edy. (2012). Aplikasi Praktis SPSS dalam penelitian. Yogyakarta: Gava Media. Google Scholar

Wulansari, Catharina Dewi, & Gunarsa, Aep. (2013). Sosiologi: Konsep dan teori. Refika Aditama. Google Scholar
Published
2021-08-18