CAUSE AND EFFECT ANALYSIS PADA SISTEM LAYANAN AKADEMIS UNIVERSITAS KEBANGSAAN

  • R. Irman Hariman

Abstract

Informasi dalam suatu organisasi atau lembaga baik bisnis maupun non bisnis merupakan aset penting dan sangat berharga demi kelangsungan bisnis perusahaan, demikian pula bagi sebuah perguruan tinggi termasuk Universitas Kebangsaan. Guna meningkatkan layanan akademik yang akuntabel maka pemanfaatan teknologi informasi dan penggunaan sistem informasi akademik sudah menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi guna meningkatkan kepercayaan publik dalam hal ini stakeholder perguruan tinggi yaitu Mahasiswa, Orang Tua Mahasiswa, Masyarakat, Pemerintah, Dosen, Karyawan, bahkan Yayasan sebagai pemilik lambaga. Pentingnya layanan sistem informasi akademik ini bagi Universitas Kebangsaan tidaklah cukup sampai semua fungsi layanan bisa dilakukan tetapi perlu memperhatikan tingkat kebutuhan dikemudia hari, sehingga kemungkinan munculnya beberapa permasalahan yang akan terjadi, baik yang sudah teridentifikasi sebagai risiko yang sebelumnya tercatat ataupun yang tidak teridentifikasi sebelumnya. Pemasalahan yang teridentifikasi dalam pemanfaatan bahkan pengembangan teknologi informasi di Universitas Kebangsaan dikemudian hari perlu dilakukan dengan lebih baik lagi. Penyebab tidak maksimalnya layanan akademik Universitas Kebangsaan bahkan dampaknya teridentifikasi dengan baik sehingga suatu saat dapat dibuatkan perencanaan mitigasi terhadap dampak yang mungkin terjadi sehingga kerugian dapat ditekan. Untuk itu perlu dilakukan kagiatan analisis dan evaluasi permasalahan dengan menggunakan metode Cause and Effect Analysis dengan perangkat Fishbone, sehingga dapat diketahui dampak yang harus segera di eliminir bahkan dihilangkan guna meningkatkan performansi layanan sistem akademik Universitas Kebangsaan.


Kata Kunci : Cause And Effect, Layanan Akademis, UK.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-02