EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS IX MTS JAGAT RAYA KABUPATEN CIREBON

  • Akhmad Daenuri

Abstract

Sejauh ini pembelajaran fiqih belum optimal karena metode yang peneliti gunakan
masih didominasi ceramah. Dampaknya adalah siswa terlihat jenuh dan kurang
semangat serta kerja sama antarsiswa masih minim. Berangkat dari kenyataan
tersebut peneliti berupaya melaksanakan inovasi dengan metode pembelajaran
guided note taking pada materi ta'awun. Penelitian ini termasuk pada jenis
penelitian eksperimen semu. Artinya dalam penelitian eksperimen semu seorang
peneliti tidak memiliki kewenangan untuk memanipulasi subyek. Dengan demikian
peneliti akan menggunakan random kelompok dan akan digunakan untuk
menentukan perlakukan dan kontrol. Desain penelitiannya adalah One Groups
Pretest-Posttest Design, artinya penelitian yang memiliki pretest sebelum
diberikan perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Hasil penelitian
menunjukkan Prestasi siswa sebelum penerapan model guided note taking memiliki
nilai minimum pretest sebesar 60, maksimum 76, dengan rerata 70,04 dan standar
deviasi 3.05. Prestasi siswa setelah penerapan model guided note taking minimum
pretest sebesar 72, maksimum 78, dengan rerata 74,78 serta standar deviasi 1.41.
Nilai sig (2 tailed)<0,05. Data tersebut dapat disebut dengan nilai p value dengan
nilai 0,000 di mana < 0,05. Karena < 0,05 maka perbandingan dan bermakna
secara statistik memiliki nilai propabilitas 0,05. Artinya ada kenaikan prestasi
belajar fiqih siswa, sesudah maupun sebelum dilakukan eksperimen dengan metode
guided note taking.
Kata Kunci: Metode Guided Note Taking, Prestasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-31