PENERAPAN SUPERVISI MULTI METODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERBASIS INKUIRI
Abstract
Proses pembelajaran saat ini, harus mengembangkan dan menanamkan pembelajaran kecakapan hidup abad ke-21. Model inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan merencanakan dan melaksanakan penelitian untuk memecahkan suatu masalah Namun kenyataannya hasil studi pendahuluan pada guru SMA di salah satu sekolah binaan menunjukkan; sebagian guru belum menggunakan model inkuiri dalam RPPnya, padahal Kompetensi Dasar (KD) yang dapat menggunakan model inkuiri relatif ada. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan supervisi multi metode untuk untuk meningkatkan kemampuan guru SMA dalam membuat RPP berbasis inkuiri yang mengacu pada Permendikbud Nomor 22, Tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam membuat RPP berbasis inkuiri yang mengacu pada Permendikbud Nomor 22, Tahun 2016 menunjukkan bahwa komponen yang paling kecil persentasenya adalah komponen membuat penilaian. Untuk meningkatkan kemampuan guru yang belum optimal, perlu dikembangkan supervisi akademik yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat RPP berbasis inkuiri yang mengacu pada Permendikbud Nomor 22, Tahun 2016. Simpulannya supervisi akademik multi metode dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat RPP berbasis inkuiri yang mengacu pada Permendikbud Nomor 22 tahun 2016.
Kata kunci: Supervisi multi metode, kemampuan guru, inkuiri