Campur Kode Bahasa Arab dalam Komunikasi Lisan Siswa Pesantren Al-Yusriyah

  • Irma Oktavianti Universitas Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Akmal Walad Ahkas Universitas Sumatera Utara Medan, Indonesia

Abstract

Campur Kode Bahasa Arab Dalam Komunikasi Lisan Siswa Pesantren Al-Yusriyah. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Penelitian ini membahas tentang campur kode pada komunikasi lisan siswa kelas VII Tsanawiyah Pesantren Al-Yusriyah. Permasalahan yang diteliti adalah apa saja unsur unsur bahasa Arab yang disisipkan dalam campur kode pada komunikasi lisan siswa kelas VII Tsanawiyah Pesantren Al-Yusriyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apa penyebab terjadinya campur kode dalam komunikasi lisan siswa kelas VII Tsanawiyah Pesantren Al-Yusriyah. Penelitian ini menggunakan teori Suwito. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui studi lapangan dan mengumpulkan data dilakukan dengan teknik simak yang tekniknya adalah tekinik simak bebas cakap. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga unsur bahasa yang terlibat dalam campur kode yaitu unsur bahasa yang berwujud kata, unsur bahasa yang berwujud frase, dan unsur bahasa yang berwujud kalusa. Penyebab terjadinya campur kode pada komunikasi lisan siswa kelas VII Pesantren Al-Yusriyah karena banyaknya siswa yang masih kurang memahami kosa kata bahasa Arab itu senidri dikarenakan baru pertama kalinya belajar bahasa Arab dan pihak sekolah yang mewajibkan siswanya mampu berbahasa Arab dan tidak mempermasalahkan siswanya apabila menggunakan dua bahasa pada komunikasi sehari hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 12, 2022
How to Cite
OKTAVIANTI, Irma; AHKAS, Akmal Walad. Campur Kode Bahasa Arab dalam Komunikasi Lisan Siswa Pesantren Al-Yusriyah. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 7, p. 9419-9436, july 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8616>. Date accessed: 16 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i7.8616.