Campur Kode Bahasa Arab dalam Komunikasi Lisan Siswa Pesantren Al-Yusriyah
Abstract
Campur Kode Bahasa Arab Dalam Komunikasi Lisan Siswa Pesantren Al-Yusriyah. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Penelitian ini membahas tentang campur kode pada komunikasi lisan siswa kelas VII Tsanawiyah Pesantren Al-Yusriyah. Permasalahan yang diteliti adalah apa saja unsur unsur bahasa Arab yang disisipkan dalam campur kode pada komunikasi lisan siswa kelas VII Tsanawiyah Pesantren Al-Yusriyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apa penyebab terjadinya campur kode dalam komunikasi lisan siswa kelas VII Tsanawiyah Pesantren Al-Yusriyah. Penelitian ini menggunakan teori Suwito. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui studi lapangan dan mengumpulkan data dilakukan dengan teknik simak yang tekniknya adalah tekinik simak bebas cakap. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga unsur bahasa yang terlibat dalam campur kode yaitu unsur bahasa yang berwujud kata, unsur bahasa yang berwujud frase, dan unsur bahasa yang berwujud kalusa. Penyebab terjadinya campur kode pada komunikasi lisan siswa kelas VII Pesantren Al-Yusriyah karena banyaknya siswa yang masih kurang memahami kosa kata bahasa Arab itu senidri dikarenakan baru pertama kalinya belajar bahasa Arab dan pihak sekolah yang mewajibkan siswanya mampu berbahasa Arab dan tidak mempermasalahkan siswanya apabila menggunakan dua bahasa pada komunikasi sehari hari.
Downloads
Copyright (c) 2022 Irma Oktavianti, Akmal Walad Ahkas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.